Tips Seminar Sukses

Tips Seminar Sukses dan Tidak Membosankan

Pengertian seminar secara umum merupakan kegiatan mempresentasikan suatu materi, menetapkan keputusan masalah, bahkan menemukan solusi dan dilakukan di depan khalayak umum atau orang banyak pada suatu tempat.

Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia, seminar merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti “tanah tempat menanam benih”.

Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar sering kali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal.

Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan.

Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.

Agar seminar yang akan Anda laksanakan berjalan dengan lancar, kami memiliki Tips Seminar Sukses.

Sebelum mengadakan seminar, Anda harus mengetahui dan menguasai beberapa point penting dibawah ini :

Tujuan Diakan Seminar

Tujuan dari diadakannya seminar ialah menyampaikan suatu pendapat, informasi, pelajaran, materi atau sesuatu yang baru kepada audience. Dengan itu, diharapkan audience dapat memperoleh informasi atau sesuatu yang baru untuk dikembangkan atau ditumbuhkan menjadi sesuatu atau informasi yang lebih luas kepada audience lainnya.

Fungsi Diadakan Seminar

Fungsi diadakannya seminar adalah untuk mewadahi atau memberikan ruang dan kesempatan bagi orang yang ingin menyampaikan suatu pendapat, informasi, pelajaran, materi atau sesuatu yang baru kepada audience.

Syarat Diadakannya Seminar

Mengadakan suatu seminar tidak boleh sembarangan, dalam artian mengadakan seminar harus memenuhi syarat agar seminar tersebut berjalan dengan lancar dan sukses.

Adapun syarat diadakannya seminar sebagai berikut :

  • Audience atau peserta seminar dapat berfikir dengan logis dalam menangani suatu masalah dan mencari solusi atau jalan keluar.

  • Pemateri sudah menguasai materi yang akan disampaikan.

  • Waktu sudah ditentukan.

  • Segala rumusan masalah sudah dirumuskan.

  • Permasalahan dapat dipecahkan secara sistematis ataupun ilmiah.

Seminar tidak hanya membutuhkan seorang pemateri dan audience atau peserta, namun ada beberapa pihak yang harus ada dan terlibat dalam seminar.

  • Pembawa Acara

Seorang MC atau pembawa acara selalu terlibat dalam kegiatan apapun, seperti seminar.

Pembawa Acara ini merupakan pihak yang membuka seminar, memperkenalkan pemateri, memperkenalkan moderator serta notulen, dan juga menutup kegiatan seminar.

  • Moderator

Pentingnya moderator tidak kalah penting sebab ini merupakan pihak yang bertanggungjawab terhadap proses berjalannya suatu seminar yang sedang berlangsung.

  • Pemateri

Pemateri merupakan pihak yang menyajikan materi seminar kepada peserta. Biasanya pemateri ini ialah seseorang yang ahli di bidang tertentu.

Pihak ini harus benar-benar menguasai materi yang menjadi topik seminar yang diadakan.

  • Audience

Audiene merupakan peserta seminar yang menjadi syarat diadakannya seminar.

Pihak ini merupakan peserta seminar yang mendengarkan materi seminar serta memberikan tanggapan terhadap isi materi tersebut.

  • Notulen

Tidak boleh dilupakan, notulen juga masih menjadi pihak penting diadakannya suatu seminar karena ini merupakan pihak yang bertanggungjawab untuk mencatat serta merangkum hal-hal penting di dalam pembahasan materi seminar yang telah berlangsung.

  • Dokumentasi

Selain beberapa pihak diatas, pihak dokumentasi juga penting dalam suatu seminar.

Pihak ini yang akan merekam, mengabadikan proses berjalannya seminar sehingga bisa menjadi bahan kenangan atau portofolio.

Setelah Anda memahami pengertian, tujuan, fungsi, syarat dan pihak yang terlibat dalam seminar ada tips penting yang membuat seminar Anda berjalan dengan sukses.

Selain syarat diatas sudah lengkap, materi seminar sangatlah penting karena tampilan visual yang baik akan menarik banyak perhatian audience.

Lalu, bagaimana cara agar tampilan seminar yang bagus dan dapat menarik perhatian banyak audience?

LED Screen solusinya!

Light Emitting Diode atau sering disingkat dengan LED adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan  cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. LED merupakan Dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor.

Warna-warna Cahaya yang dipancarkan oleh LED tergantung pada jenis bahan semikonduktor yang digunakan. LED juga dapat memancarkan sinar inframerah / infrared yang tidak dapat dilihat oleh mata seperti yang sering kita jumpai pada Remote TV ataupun Remote Control perangkat elektronik lainnya.

Teknologi ini sangat mendukung semua kegiatan mulai dari kebutuhan advertising atau promosi, kebutuhan entertainment bahkan kampanye program pemerintah berskala nasional.

KLIK DISINI UNTUK TIPE DAN HARGA SEWA LED SCREEN TAHUN 2020